Beranda PERISTIWA Tiga Arahan Gubernur Saat Peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI

Tiga Arahan Gubernur Saat Peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI

104
0

 Indonesiaseharusnya-aceh.com – Jakarta, Lemhannas RI memperingati hari ulang tahun ke-57 dengan mengangkat tema “Transformasi Lemhannas RI: Ketahanan Nasional Era Geopolitik 5.0” pada Jumat, 20 Mei 2022. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan tiga arahan yang perlu dilakukan Lemhannas RI.

 Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto menyampaikan tiga hal yang perlu dilaksanakan Lemhannas RI dalam rangka melaksanakan kemerdekaan nasional. Pertama, perjuangan Budi Utomo, perjuangan kemerdekaan, hingga sampai hari ini. “Ada arahan-arahan ideologis yang disampaikan oleh pemerintah pusat melalui Kominfo RI,” jelas Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto.

Peringatan  HUT ke-57 Lemhannas RI

 Kedua yaitu soal pandemi dan Covid-19. “Indonesia harus selalu waspada, serta memiliki keyakinan bahwa yang diupayakan pemerintah adalah untuk membuat kita keluar dari pandemi Covid-19 -yang ditandai dengan rendahnya kasus dan juga ditandai pemulihan ekonomi,” lanjut Andi.

 Ketiga, tentang peran global Indonesia, dimana Indonesia dan bersama negara G20 mengatasi dua krisis sekaligus, yaitu akibat pandemi dan juga akibat krisis Rusia dan Ukraina. “Kita masih punya waktu beberapa bulan menuju G20 bersama Rusia dan Ukraina, agar G20 tetap utuh bersama-bersama merancang agar dunia kembali stabil dan keluar dari krisis,” kata Andi.

 Di Lemhannas RI, secara khusus HUT ke-57 ini Lemhannas kembali ke titik nol untuk merefkleksikan diri. Pada 20 mei 1965 ketika bung Karno memerintahkan Lemhannas untuk membuat kajian-kajian tentang geoplitiik. Untuk itu, tahun ini Lemhannas RI mengangkat tema Transformasi Lemhannas RI: Ketahanan Nasional di Era Geopolitik 5.0.

Peringatan  HUT ke-57 Lemhannas RI

 Gubernur Lemhannas juga menjelaskan tentang perkembangan dan isu geopolitik terkini dan perlunya mewaspadai pertarungan geopolitik klasik di Rusia-Ukraina. “Kini sudah ada evolusi geopolitik, lima kali perubahan geopolitik. Geopolitik saat ini isunya adalah tentang konektivitas, rantai pasok sumber daya. Juga tidak boleh lupa bahwa masih ada pertarungan geopolitik klasik seperti yang terjadi di Ukraina.  Tahun ini yang kita waspadai di Lemhannas adalah melanjutkan arahan Bung Karno,” kata Andi Widjajanto.

 Terkait dengan peran Lemhannas RI dalam politik global, lembaga ini telah menyampaikan beberapa kajian terkait G20 kepada Presiden RI. “Terkait dengan isu-isu strategis yang relevan tentang proses persidangan G20, baik Sherpa track maupun Financial Track,” lanjut Andi. Summit G20 diharapkan dapat menghasilkan solusi-solusi sehingga sesuai dengan temanya, dunia bisa pulih lebih kuat, bersama, dan pulih lebih cepat.

 Tahun 2022, Lemhannas RI mengangkat tema transformasi Lemhannas RI ketahanan nasional era geopolitik 5.0. Tema tersebut sangat relevan terkait dengan perkembangan lingkungan strategis saat ini. Hal tersebut ditandai dengan adanya persaingan yang semakin ketat disertai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju yang mau tidak mau menuntut sebuah negara untuk beradaptasi sesuai dengan tuntutan zaman nya.

 Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menyebutkan narasi Geo V dirumuskan dengan satu tujuan, yakni menegaskan lompatan strategis yang harus dilakukan Indonesia di lima ranah pertarungan. Lima ranah pertarungan tersebut yaitu demokrasi, ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, serta pembangunan Ibu Kota Nusantara.

 Menyambut normal untuk bergerak menuju transformasi geopolitik 5.0 sementara itu dengan bergulirnya revolusi 5.0 menuntut negara-negara di dunia untuk bergerak dengan lebih cepat mampu beradaptasi dan mengintegrasikan diri secara utuh dengan transformasi digital selain itu juga didorong untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik optimistis dan mempertahankan eksistensinya agar dapat menciptakan negara yang lebih maju serta berkembang oleh karenanya kita harus pandai-pandai membaca peta baru pada era pandemi covid 19 ini untuk kepentingan nasional.

 Selain narasi geopolitik 5.0, Lemhannas RI juga mengangkat lima isu yang perlu diangkat selama 3 tahun ke depan. Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menyebutkan narasi Geo V dirumuskan dengan satu tujuan, yakni menegaskan lompatan strategis yang harus dilakukan Indonesia di lima ranah pertarungan. Lima ranah pertarungan tersebut yaitu demokrasi, ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, serta pembangunan Ibu Kota Nusantara.

 “Lima isu ini yang akan menjadi titik berat kami dalam melakukan kajian selama 3 tahun ke depan. Dan yang dipaparkan pagi ini baru merupakan kerangka awal yang nanti akan dikembangkan lebih lanjut menjadi rekomendasi kebijakan yang lebih operasional dari Lemhannas kepada Presiden Indonesia,” kata Gubernur Lemhannas RI. Lompatan strategis ini dilakukan agar kapasitas Indonesia dalam melakukan proyeksi geopolitik dapat meningkat tajam.

 Peringatan hari jadi tersebut diselenggarakan di lapangan tengah Lemhannas RI dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai Lemhannas RI, undangan, juga peserta PPRA 63 dan 64.

 Berbagai kegiatan dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI, yaitu lomba kearsipan, bazar ramadan, lomba video pendek, kegiatan bhakti sosial, lomba kebersihan, ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, kegiatan donor darah, orasi ilmiah dan peluncuran 57 buku Lemhannas RI, pemilihan pegawai teladan, lomba voli, tenis meja, bulu tangkis, futsal, coaching session, menghias tumpeng, dan pembagian doorprize.

Narahubung: Maulida (082229125536) / Endah (081316072186)

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram   : @lemhannas_ri

Facebook    : lembagaketahanannasionalri

Twitter        : @LemhannasRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here